Enrolment options

Dalam era di mana informasi tersebar luas dengan cepatnya melalui platform digital, kemampuan untuk membedakan antara fakta dan kebohongan sangatlah penting. Kursus Digital Fact-Checking ini didesain khusus untuk memberikan pemahaman tentang teknologi apa yang dapat digunakan untuk melacak, mendeteksi, dan mengungkap disinformasi, misinformasi, dan malinformasi. Kursus ini menjabarkan aplikasi yang digunakan untuk mengecek sumber informasi di internet seperti informasi pada facebook, twitter, website dan email. 

Materi dibuka dengan jabaran dari penggunaan aplikasi Peoplefindthor untuk mengecek informasi yang ada pada facebook, lalu penggunaan tools Intel Techniques dan penggunaan tools StalkScan yang juga dipergunakan untuk mengecek informasi yang ada pada Facebook. Selanjutnya ialah jabaran penggunaan tools Twitter Advance Search yang digunakan untuk mengecek informasi yang ada pada Twitter. Lalu materi dilanjutkan dengan jabaran mengenai Social Presence and Outreach dimana materi tersebut digunakan untuk menelusuri dan menganalisis keberadaan serta aktivitas seseorang/organisasi di internet sehingga membuka peluang untuk melakukan konfirmasi. Pengecekan fakta tersebut menggunakan beberapa aplikasi yaitu aplikasi who.is yang digunakan untuk penelusuran website, lalu namech_k yang digunakan untuk penelusuran identitas dan aplikasi hunter yang digunakan untuk penelusuran email. 

Tujuan pembelajaran dari kursus ini ialah setelah mengikuti kursus diharapkan peserta mampu memilih metode yang tepat untuk mengecek sumber informasi di internet sesuai dengan fitur perangkat digital yang relevan secara baik. Untuk mendapatkan sertifikat kursus, anda harus mencapai setidaknya 60% dari keseluruhan kegiatan kursus. 


Materi yang akan Anda pelajari: 

  1. Peoplefindthor 
  2. Intel Techniques 
  3. Stalkscan 
  4. Twitter Advance Search 
  5. Who.is 
  6. Namech_k 
  7. Hunter 


Kursus ini ditujukan untuk: 

Mahasiswa jurnalistik, jurnalis/penulis pemula, content writer, script writer  

Start Learning
Course Duration in Hours: 2 Hours
Course Intro Video Url (Embedded): https://udl.id/bumper/UDL026.mp4
Skill Level: Intermediate
Language: Indonesian
Lesson: 1 Lesson
Short Description:

Belajar menggunakan teknologi untuk melacak, mendeteksi, dan mengungkap disinformasi, misinformasi, dan malinformasi. 

Best Seller: No
New Course: No
Popular Course: No
Bundle: No
Apps to use:
UDL ENROLL